Cara Sehat Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Cara Sehat Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami


Bau ketiak memang sangat mengganggu dan membuat kepercayaan diri hilang. Bau ketiak ini dapat disebabkan oleh keringat, sel kulit mati, dan bakteri. Selain itu bau ketiak juga dapat disebabkan karena masalah hormon, makanan, dan tidak keseimbangan program diet.

Untuk mengatasi bau ketiak ini cukup mudah, pada saat ini telah banyak produk deodorant yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada kulit ketiak supaya terhindar dari masalah bau ketiak.

Akan tetapi seringkali hal itu malah menimbukan iritasi pada kulit ketiak akibat dari pemakaian produk deodorant. Beberapa gejala iritasi kulit ketiak diantaranya terasa gatal dan berwarna merah merah hingga menghitam.

Untuk itu cara alami merupakan salah satu langkah yang paling tepat untuk menghilangkan bau ketiak. Maka dari itu disini saya akan membagikan cara sehat menghilangkan bau ketiak secara alami. Dengan menggunakan bahan alami selain murah, juga dapat memperkecil resiko iritasi kulit ketiak.

Berikut dibawah ini cara menghilangkan bau ketiak secara alami.


1. Cengkeh


Cengkeh memiliki kandungan zat aktif yang mempunyai efek anti inflamasi anti bakteri yang dapat digunakan untuk membuat deodoran secara alami. Caranya cukup mudah, rendam cengkeh dalam air hangat hingga mengembang, lalu minumlah air rendaman cengkeh itu atau bisa juga dioleskan pada ketiak dan jangan lupa setalah itu bilas dengan air bersih.

2. Cuka apel


Selain cengkeh, ternyata cuka sari apel pun dapat digunakan sebagai bahan alami untuk dijadikan deodorant. Cuka apel mengandung zat asam yang mampu mengurangi tingkat keasaman pada kulit ketiak. Caranya cukup sederhana, tuangkan cuka apel ke dalam segelas air, terus oleskan pada ketiak anda.

3. Jeruk nipis


Selain dapat memperlancar sistem pencernaan, jeruk nipis ini juga berkhasiat untuk mengurangi bau ketiak. Kandungan yang verada pada jerk nipis dapat mengurangi keringat yang berlebih dan secara otomatis hal itu akan mencegah timbulnya bau ketiak. Caranya, ambil satu buah jeruk nipis, lalu potong menjadi 2 bagian, selanjutnya gosokkan pada ketiak.


4. Daun sirih


Daun sirih memang dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya ialah menghilangkan bau ketiak. Caranya penggunaanya, rendam daun sirih yang telah tua dalam air hangat, terus saring dan ambil airnya, setalah itu minumlah air daun sirih tadi.

5. Menjaga kebersihan tubuh


Faktor yang paling utama dalam munculnya bau ketiak ialah dari tingkat kebersihan tubuh. Apabila tubuh Anda kotor dan banyak keringat, maka hal itu dapat menimbulkan bakteri-bakteri dan sel mati penyebab bau badan dan ketiak.

Untuk itu selalu perhatikanlah kebersihan tubuh Anda dan selalu gunakan pakaian yang berbahan mudah menyerap keringat serta rajin-rajinlah membersihkan ketiak dengan mencukur bulu ketiak.

6. Memperhatikan makanan


Faktor lain yang dapat menimbulkan bau ketiak ialah asupan makanan. Maka dari itu mulailah perhatikanlah makanan yang Anda konsumsi.

Karena apabila makanan yang Anda konsumsi terlalu banyak mengandung minyak, maka hal itu akan menimbulkan keringat dan bau ketiak yang tidak enak. Sebaiknya konsumsilah makanan yang sedikit mengandung minyak atau banyak mengandung serat serta vitamin supaya asupan nutrisi pada tubuh tidak berkurang.

Sekian cara sehat menghilangkan bau ketiak secara alami, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Selalu jagalah kebersiahan pada diri sendiri dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, supaya terhindar dari bau ketiak yang tidak sedap.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama